Label

Rabu, 18 April 2012

Awas, Gondongan Bikin Pria Mandul

Kamis, 19 April 2012
detail berita
Gondongan diawali dengan demam (Foto: Corbis)
JANGAN anggap gondongan sebuah penyakit biasa. Selain menular, gondongan bisa menyebabkan kemandulan pada pria.
Gondongan sering dianggap orang tidak berbahaya. Padahal ketika melihat seseorang terkena gondongan, ada baiknya kita mawas diri dan mengingatkannya untuk berobat.

Gondongan dalam istilah medis disebut parotitis. Penyakit ini disebabkan oleh sebuah virus yang bernama Paramyxovirus.

Virus Paramyxovirus umumnya menyerang kelenjar ludah yang berada di antara telinga dan rahang, sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah. Virus ini lalu dapat menyebar ke bagian tubuh lain, salah satunya daerah reproduksi.

Pria yang terkena gondongan, harus sangat waspada. Segera berobat ke dokter sebelum mendapatkan masalah reproduksi. Pasalnya, virus Paramyxovirus yang menyebar ke organ intim pria dapat merusak sperma.

"Penyakit gondongan itu berbahaya bagi pria. Karena penyakit yang disebabkan oleh virus ini dapat menjalar ke daerah kelamin dan menyerang daerah reproduksi pria. Akibatnya merusak sperma dan akhirnya dapat menyebabkan kemandulan bagi pria tersebut," tutur Dr Ferryal Loetan dalam bukunya berjudul "Kamarsutera".

Sedangkan bagi wanita, Ferryal mengungkapkan, sampai saat ini belum ada informasi yang dapat membahayakan reproduksi.

"Belum ada laporan yang menganggu alat reproduksi wanita, kalau wanita yang gondongan," imbuhnya.

Kendati demikian, bagaimana pun gondongan harus diobati dan tidak boleh dianggap remeh karena penyakit ini menular.

Menurutnya, gondongan ditularkan melalui tetesan air liur yang terbawa di udara ketika orang yang terinfeksi sedang bersin atau batuk.

“Gejala yang biasa muncul jika seseorang terkena gondongan adalah mengalami kesulitan menelan, kelelahan, merasa lemah, dan demam,” tutupnya.
(tty)

Sumber Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo Katakan Komentarmu