Label

Rabu, 18 April 2012

Kapan Orang Bisa Olahraga Setelah Bangun Tidur?

Kamis, 19/04/2012 07:04 WIB

img
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Sebagian besar orang melakukan olahraga dipagi hari setelah ia bangun tidur. Tapi sebenarnya kapan waktu yang paling cepat seseorang bisa olahraga setelah bangun tidur?

Beberapa orang kadang merasa sedikit kaku atau lelah saat bangun tidur sehingga langsung berolahraga membuat jantungnya harus bekerja keras untuk membantunya merasa enerjik.

Sementara itu peneliti dari University of Pittsburgh Medical Center menuturkan waktu terbaik untuk berolahraha adalah ketika seseorang memungkinkan untuk melakukannya agar aktivitas bisa optimal.

Saat bangun tidur konsentrasi glukosa darah rendah karena energi dari makan malam sudah habis digunakan, karenanya jika bangun tidur langsung olahraga dalam keadaan perut kosong akan membuatnya merasa lemah atau lesu, seperti dikutip dari MayoClinic, Kamis, (19/4/2012).

Untuk itu disarankan memberi waktu sejenak untuk mengonsumsi makanan ringan seperti cracker, buah pisang, sereal gandum, susu rendah lemak atau minuman bagi orang yang tidak suka makan saat baru bangun tidur.

Selain itu studi menunjukkan olahraga yang kurang berat akan lebih produktif jika suhu tubuh sudah meningkat, sementara saat bangun tidur suhu tubuh masih rendah, sehingga perlu waktu untuk meningkatkan temperatur tubuh.

Olahraga sebaiknya dilakukan beberapa hari dalam seminggu dan masing-masing setidaknya 30 menit. Olahraganya bisa meliputi latihan aerobik, jalan cepat, naik tangga, jogging atau berenang.

Hal ini karena olahraga tersebut bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan risiko diabetes, serangan jantung, stroke, kanker tertentu serta membantu menjaga berat badan ideal yang membuat tubuh lebih sehat.

(ver/ir)

Sumber : detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo Katakan Komentarmu